Khasiat / Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang Bagi Ibu Hamil dan Janin

Khasiat / Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang Bagi Ibu Hamil dan Janin - Buah merupakan sumber vitamin dan mineral bagi tubuh kita. Sehingga sangat baik untuk ibu yang sedang hamil mengkonsumsi buah agar asupan nutrisi pada tubuh dan juga janin terpenuhi. Salah satu alternatif terbaik bagi ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi buah pisang.

manfaat buah pisang untuk ibu hamil, khasiat buah pisang untuk wanita hamil, manfaat buah pisang untuk ibu hamil muda, manfaat buah pisang bagi ibu hamil, khasiat buah pisang untuk diet, khasiat buah pisang untuk kecantikan


Buah pisang sebaiknya dikonsumsi lebih sering selama masa kehamilan karena mengandung berbagai nutrisi bermanfaat seperti Vitamin B6, Folat, Vitamin C, dan masih banyak lagi. Mari kita simak beberapa manfaat buah pisang untuk ibu hamil:

1. Memenuhi Kebutuhan Energi.
Ekstra energi diperlukan untuk pertumbuhan janin serta produksi plasenta. Menurut pakar kesehatan ibu hamil membutuhkan sekitar 1.500 kJ energi dalam sehari. Asupan energi ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi dua buah pisang yang akan memberi 1.000 kJ energi. Selain itu, dua buah pisang mendukung energi Anda dalam bentuk lemak bebas, dan mereka juga akan tetap membuat tubuh Anda tetap bugar.

2. Sebagai Asupan Karbohidrat.
Pisang merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik karena terbentuk dari gula alami dan sedikit pati. Pisang dapat memenuhi kebutuhan Energi tambahan yang diperlukan dalam kehamilan terutama harus berasal dari karbohidrat dan protein, dan sedikit lemak.

3. Sebagai Asupan Protein.
Protein dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mendukung pertumbuhan sel baru pada ibu dan bayi, terutama di trisemester dua dan tiga. Sekitar 14 gram protein dibutuhkan oleh ibu hamil, dan itu bisa diraih dengan mengkonsumsi telur, roti, dan pisang.

4. Kaya akan Vitamin B6.
Vitamin ini dibutuhkan untuk membentuk jaringan sehat, membuat sel-sel darah merah, dan membawa impuls syaraf. Dua buah pisang akan mengakomodir kebutuhan vitamin B6 yang biasanya meningkat hingga 1.9 mg per hari selama masa kehamilan.

5. Mengandung asam Folat.
Zat ini dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel baru dan gen, terutama untuk pertumbuhan sel darah merah yang sangat dibutuhkan dalam masa kehamilan. Kekurangan folat berpotensi menimbulkan kelainan tulang belakang pada bayi. Sumber folat terbaik sebenarnya terdapat pada sayuran berdaun hijau, ekstrak ragi, dan hati. Tapi, pisang juga berkontribusi menyumbang folat pada saat kehamilan.

6. Kaya akan Vitamin C.
Ascorbic Acid (vitamin C) diperlukan untuk membentuk pembuluh darah, kulit, gusi, dan bahkan tulang. Tambahan vitamin C yang dibutuhkan selama kehamilan biasanya meningkat dari 45 mg - 60 mg per hari. Buah pisang adalah sumber vitamin C yang cukup baik. Dua buah pisang akan memenuhi setengah dari kebutuhan harian vitamin C pada saat masa kehamilan.

7. Sebagai Asupan Zat besi.
Zat besi diperlukan untuk kesehatan darah, terutama membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, membantu pertumbuhan dan nafsu makan. Kebutuhan zat besi pada saat hamil bisa melompat dari 18 mg - 27 mg. Pisang hanya sedikit mengandung zat besi, tetapi kandungan vitamin C nya sangat membantu penyerapan zat besi dari usus. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 0,5 mg zat besi.

Jangan sampai ketinggalan artikel menarik dan bermanfaat terbaru dari blog kami. Berlangganan secara gratis melalui email sekarang juga: